Sering terjadi di umur 20-an, ini 5 tanda penuaan dini pada cewek:

Tidak semua cewek sadar jika dirinya mengalami penuaan dini.

foto: shutterstock.com
Brilio.net - Hampir semua cewek setuju jika memiliki kulit awet muda adalah impian yang harus diwujudkan. Namun seiring bertambahnya usia, penuaan pada kulit kerap menjadi momok yang tidak bisa dihindari dan merupakan proses alamiah yang dialami setiap orang.

Penuaan pada kulit biasanya baru mulai terlihat saat cewek memasuki umur 30-an. Meski begitu, ternyata tidak sedikit yang justru mengalami penuaan dini saat berumur 20-an.

Banyak faktor yang menyebabkan penuaan dini pada cewek. Mulai dari pola tidur yang buruk, gaya hidup tidak sehat, sering terpapar polusi dan matahari hingga kebiasaan merokok. Selain faktor-faktor tersebut, patah hati, hubungan asmara yang tidak stabil dan stres juga ternyata dapat menjadi penyebab penuaan dini.

Sayangnya, tidak semua cewek sadar jika dirinya mengalami penuaan dini, lho. Mungkin kamu salah satunya?

Nah, biar kamu nggak telat mengatasi penuaan dini, yuk kenali lima tanda penuaan dini pada cewek yang sudah disarikan Brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (26/2).

1. Bercak hitam.

foto: shutterstock.com
Bercak hitam atau juga dikenal sebagai flek hitam biasanya dialami cewek yang sering berkegiatan di luar ruangan dan jarang memakai tabir surya. Seperti diketahui, jika radiasi sinar UV matahari merupakan musuh besar kulit. Jika dibiarkan bukan hanya menimbulkan bercak hitam, melainkan juga bisa memicu munculnya risiko lebih mengerikan, seperti ruam hingga kanker kulit.

Bercak hitam yang susah hilang merupakan salah satu tanda penuaan dini. Nah, untuk mengatasi dan mencegahnya, pastikan kamu selalu menggunakan pelembap dan tabir surya setiap hendak beraktivitas. Kalau perlu, berikan vitamin C buat kulit untuk perawatan lebih maksimal.

2. Garis halus dan keriput.

foto: shutterstock.com
Tanda penuaan dini satu ini cukup mengganggu penampilan dan kerap membuat cewek jadi tidak percaya diri. Garis halus berupa guratan ini biasanya muncul di sekitar hidung, bibir, dan area mata.

Namun demikian, garis halus dan keriput merupakan tanda penuaan yang tidak bisa dilawan seiring bertambahnya usia. Terlalu memikirkan patah hati, stres, dan gaya hidup tidak sehat juga bisa semakin memperparah kondisi kulitmu.

Maka dari itu, kamu harus benar-benar serius merawat kulitmu dengan perawatan sejak dini. Tidak asal merawat, kamu juga harus memilih perawatan yang tepat agar mendapat hasil maksimal.

3. Kulit dehidrasi.

foto: shutterstock.com
Berbeda dengan kulit kering, kulit dehidrasi merupakan kondisi kulit bersifat sementara yang membuatnya terasa dan terlihat kering. Kulit dehidrasi juga akan terasa gatal, terkelupas, bahkan pecah-pecah. Kondisi kulit ini biasanya disebabkan polusi, perubahan suhu udara, atau paparan sinar matahari.

Wonder jelly yang sudah dipercaya banyak orang ini dapat membantu melembapkan area yang rentan mengalami penuaan dini seperti bibir, kaki, muka, dan garis rambut yang kering. Vaseline Repairing Jelly bekerja dengan cara menciptakan pembatas antarsel, sehingga mengunci kelembapan dan mempercepat proses perbaikan kulit kering.

4. Kulit sensitif dan iritasi.

foto: shutterstock.com
Kulit sensitif, mudah iritasi, disertai warna kulit tidak merata adalah tanda penuaan dini lainnya. Lapisan kulit yang semakin menipis menyebabkan kulit mudah mengalami peradangan. Tanda penuaan dini yang kerap terlihat di bagian leher ini biasanya dikarenakan radiasi sinar UV, partikel radikal bebas, atau gabungan keduanya.

Perubahan warna kulit yang tidak merata juga tekstur kulit kasar tentunya akan mengganggu penampilanmu. Melakukan perawatan eksfoliasi kulit seperti healing enyzme facial dapat menghilangkan sel kulit mati dan mengurangi hyper-pigmentation. Vitamin B juga bisa mengatasi kondisi kulit ini.

5. Kulit tak kencang.

foto: shutterstock.com
Seiring pertambahan usia, kulit secara perlahan akan mulai kehilangan elastisitasnya. Hal ini membuat kulit lama kelamaan tidak sekencang seperti sedia kala. Akibatnya, kulit wajah akan terlihat tua dan membuatnya tampak letih dan lesu. Berbagai faktor dari luar juga menjadi penyebab kulit mengendur.

Rutin berolahraga dan mengonsumsi vitamin dapat mengatasi kondisi kulit tersebut. Melakukan senam wajah juga menggunakan produk perawatan dengan label lifting juga bisa dicoba untuk memperbaikinya.

Nah, itu dia tanda-tanda penuaan dini yang sering dialami cewek saat berumur 20-an. Hindari faktor yang menyebabkan terjadinya penuaan dini dan rutin melakukan perawatan kulit untuk punya kulit awet muda impianmu. Selain itu, merawat kulit juga bisa menjadi solusi menghilangkan stres dan permasalahan asmara yang mendera, lho. Healthy skin, healthy soul!